Lomba 17 Agustusan Untuk Anak-Anak Lucu dan Unik

Apa lomba 17 agustus untuk anak-anak ? kadangkala banyak panitia lomba sering kebingunan dalam mengadakan lomba 17 agustus khusus untuk anak-anak.

Berikut ini kami akan menyajikan beragam jenis perlombaan 17an untuk anak-anak di hari kemerdekaan, akan ada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan momen 17-an, dimulai dari acara sukuran, acara detik-detik proklamasi dan upacara bendera, sampai beragam perlombaan khusus diadakan untuk anak-anak oleh para panitia untuk menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan bangsa kita, Indonesia.

Merayakan hari kemerdekaan merupakan kewajiban kita dan mengikuti lomba diharapkan oleh kita agar menjadi pemenangnya, disini kami akan menyajikan bermacam lomba 17 Agutusan untuk anak dalam rangka peringatan hut ri, adapun cara bermain bermacam-macam dari mulai garis finish menuju start mapun ide lomba seperti memasukkan paku dalam botol,tarik tambang, lomba memasukkan belut kedalam botol serta berbagai lomba lainnya seperti balap karung merupakan salah satu daftar lomba 17 agustusan yang paling sering dilombakan.

lomba ambil koin
lomba mengambil koin dengan mulut

Untuk kelompok perlombaan sendiri, biasanya terdiri menjadi empat kelompok, yakni perlombaan untuk ibu-ibu, perlombaan untuk bapak-bapak, perlombaan untuk anak-anak dan perlombaan untuk umum (tidak mengenal umur).

Perlombaan-perlombaan tersebat diselenggarakan memang untuk menyemarakkan hari kemerdekaan, yang pasti akan menghibur dan memunculkan gelak tawa dari beberapa peserta dan penonton.

Lomba-lomba 17 Agustus yang kita kenal seperti lomba balap karung, lomba makan krupuk, lomba ambil tambang, lomba panjat pinang, sampai lomba yang unik dan lucu, seperti lomba balap karung memakai helm, lomba tangkap bebek dan lomba merayap sekalian ngedot seperti balita.

Aneka Lomba 17 Agustus Terkingkap bermacam lomba 17 agustusan yang memikat, lucu, gokil, dan sangat jarang itu? Yok, kita simak.

50+ Lomba 17 Agustusan khusus Anak-Anak Untuk

Bagaimana? Mau tahu urutan lebih jelasnya bis disimak dibawah ini

1. Lomba Panjat Pisang

Nach, ini ialah satu lomba yang selalu dan harus berada di tiap acara 17 an Dimana saja wilayahnya tentu ada yang bernama lomba panjat pisang.

Dalam realisasinya, lomba ini bukan hanya memakai pohon pisang, dapat ditukar dengan pohon pinang yang besar atau bamboo untuk pemain dewasa

Lomba ini dapat disebut sangat menarik dan paling banyak pecintanya. Selain seru dan penuh rintangan, hadiah dari lomba ini umumnya banyak dan menarik.

Beberapa peserta ialah para anak laki-laki. Umumnya pada lomba ini dibentuk berkelompok.

Nach, tiap barisan yang ada beberapa anak itu akan berusaha untuk dapat sampai puncak dan mengambil hadiah-hadiahnya.

Tetapi ingat,untuk dapat mencapai puncak bukan hal yang gampang karena selain tinggi, pohon pisang yang diolesi dengan pelicin seperti oli hingga akan susah untuk memanjatnya.

Untuk itulah diperlukan kekompakkan dalam team agar dapat sampai puncak.

Ada yang pernah ikut lomba ini? NGACUNG!

2. Lomba Balap Karung

Salah satunya lomba yang tidak kalah terkenal dari lomba balap egrang adalah lomba balap karung.

Permainan ini mengharuskan peserta untuk memasukkan sisi kakinya lebih dulu ke karung.

Selanjutnya mereka diminta untuk lari sambil berusaha memperoleh finis pertama.

Walau kompetisinya kurang sehat, tetapi permainan teruslah permainan.

Semangat beberapa peserta yang jatuh berulang-kali kadang membawa pemirsa bisa ketawa terbahak-bakak saat menyaksikannya.

3. Lomba Balap Karung Pakai Helm

Memang balapan Moto Gp saja yang pakai helm? Balapan karung pakai juga kali! Haha

Mereka harus menggunakan karung dari kaki sampai tubuh. Plus, pakai helm agar safety. Tingkat kesusahannya juga cukup jauh dengan balap karung dan egrang. Parahnya lagi, mereka harus meredam malu karena semua pemirsa menertawai langkah berjalannya yang unik dan lucu.

Baru saja berjalan dua langkah, satu dari mereka sudah jatuh berguling-guling karena sangat susahnya nahan keseimbangan.

Tetapi tidak sedikit loh ada yang sama-sama bertubrukan. Nach, kelihatannya dari situlah peranan helm dari balapan karung ini dipakai.

4. Lomba Nguwot Atau Jalan di atas Bambu

Perlombaan ini bukan hanya dapat diikuti oleh beberapa anak-anak, bahkan remaja sampai orangtua boleh melakukan lomba ini.

Beberapa peserta pasti benar-benar semangat mengikuti lomba ini karena hadiah dari lomba ini umumnya sangat menarik.

Tetapi untuk memperoleh semua hadiah itu pasti tidak gampang karena mereka harus jalan di atas bambu dengan seimbang dan tidak jatuh ke air untuk memperolehnya.

Perlombaan ini umumnya diselenggarakan di sungai atau dalam suatu parit yang besar, yang membuat susah disamping harus jaga keseimbangan ialah bambunya yang makin lama makin licin karena telah terkena air dan lumpur.

Hadiah besar, banyak peserta, banyak pemirsa dan banyak serunya, itu banyak hal yang bisa mendiskripsikan perlombaan ini.

5. Lomba Sepeda di atas Air

Berlainan dengan lomba nguwot atau jalan di atas bambu yang menharuskan peserta jalan dengan seimbang supaya sampai di tempat hadiah, lomba ini lebih ekstrim lagi karena harus memakai sepeda untuk ke arah seberang sungai atau parit dengan melalui papan. kemungkinan lomba ini hanya dapat diselenggarakan oleh beberapa warga yang mempunyai empang atau rumah disekitaran sumber air.

Bila hilang konsentrasi dan tidak seimbang, karena itu sudah tentu beberapa peserta akan jatuh ke air bersama sepeda-sepedanya.

6. Lomba Balapan Bakiak

Balapan bakiak sebagai permainan beradu kesolidan yang memerlukan seorang instruksi untuk mendapat garis finis tercepat.

Di sini, bakiak yang dipakai bukan bakiak biasa yang berada di kamar mandi, tetapi bakiak panjang yang dapat memuat 3 sampai 5 pasang kaki perorang.

Satu saja ada temannya yang tidak solid, bisa saja rekan-rekan yang lain akan jatuh bertumbangan bersama.

Oleh karena itu, filosofi yang bisa kita ambil dari permainan ini adalah betapa keutamaan pimpinan dalam menjalankan anggotanya.

Hingga lahirlah sebuah roda organisasi yang bisa jalan secara cepat dan pas supaya bisa segera memperoleh tujuan akhir.

7. Lomba Fashion Show Anak

Buat anak-anak wanita atau lelaki, fashion show bukan hal aneh buat mereka lakukan.

Selainnya untuk mengenalkan baju tradisi sebagai juga sebagai perkenalan mode mode sesuai perubahan zaman dan tentunya tidak meninggalkan etika-etika kesopanan warga Indonesia

8. Lomba Pukul Bantal atau Guling

Nach, ini nih laga paling seru dan cocok untuk acara lomba 17 Agustus. Apalagi jika bukan pukul guliiing!

Perlombaan pukul guling atau bantal umumnya dilaksanakan di atas sungai dengan lebar sekitaran dua sampai tiga meter.

Setiap peserta cuma dikasih satu guling atau bantal yang telah direndam air sungai lebih dulu.

Disini kita sudah mengetahui jika “perlengkapan tempur” yang mereka pakai menjadi lebih berat dan keras.

Sekali terkena timpuk, kepala sang musuh akan pusing terus nyemplung sungai dech hihihi.

9. Lomba Gigit Koin

Gigit koin menjadi tren lomba 17 Agustus dari sejak awalnya tahun millenium. Permainan ini memakai kelapa muda atau semangka sebagai media menempatkan koin di setiap sisinya.

Eit, sebelum diisi koin umumnya panitia membaluri kelapa mudanya lebih dulu dengan memakai cokelat atau kopi, bahkan juga oli.

10. Lomba Pecahkan Balon Air dengan Mata Tertutup

Baca Juga : Kumpulan Permainan Outbound Untuk Anak-Anak Paling Seru

Lomba pecahkan balon yang berisi air ini jadi benar-benar menatang karena harus dilakukan dengan mata tertutup.

Selain memakai balon air, umumnya dapat ditukar dengan plastic yang diisi air warna warni atau dapat ditukar dengan kendi.

Beberapa peserta akan ditutup matanya memakai kain, lalu dikasih alat pemukul. Tahukan begitu sulitnya menakhlukkan lomba ini? hehe

11. Lomba Memindahkan Kelereng Gunakan Sendok

Selainnya memerlukan keseimbangan yang sempurna, lomba ini mewajibkan gigi kamu kuat serta tingkat kesabaran yang tinggi.

Untuk memenangi lomba ini sedikit sulit, selain harus menantang beberapa peserta yang lain, kamu juga harus menjaga supaya kelereng yang diletakkan di atas sendok tidak jatuh.

Benar-benar hebat tentunya jika mengikuti lomba ini.

12. Lomba Balap Egrang

Siapa sich yang belum mengetahui dengan permainan yang ini? Yaps, egrang sebagai permainan tradisionil Indonesia yang memiliki arti dolanan.

Untuk memainkan, kamu harus mempersiapkan dua bilah batang bambu lalu dikasih injakan supaya bisa jalan.

Permainan egrang sudah menebar ke beragam pelosok Indonesia, tentu saja dengan panggilan unik di setiap wilayah.

Seperti Ingkau (Bengkulu), Batungkau (Kalimantan Selatan), Jangkungan (Jawa tengah) dan ada banyak lagi.

Bahkan juga permainan egrang sekarang menjadi hal yang “harus” diselenggarakan tiap lomba 17 Agustus.

13. Lomba Mindahin Karet Memakai Sedotan

Jika lomba ini umumnya disukai oleh anak-anak.

Langkah memainkan lumayan gampang, yakni beberapa peserta harus mengalihkan karet gelang memakai sedotan yang ditempatkan dimulut.

Beberapa peserta hanya harus menjaga supaya karet tidak jatuh, karena jika jatuh akan diminta untuk mengulang kembali.

Trick-nya gampang, tidak boleh simpan karet gelang diujung sedotan karena akan membuat beban pada sedotan, tetapi simpan karet gelang tadi di ujung bibir.

14. Lomba Sepeda Lamban

Bila secara umum pertandingan sepeda itu siapakah yang sampai digaris finis tercepat ialah juaranya, tetapi tidak pada perlombaan sepeda lamban ini.

Pada lomba unik ini, juara adalah peserta yang paling lamban sampai di garis finis.

Nach itu dia rintangannya, bagaimanakah cara peserta mengontrol sepedanya supaya bisa jalan benar-benar lamban hingga menjadi juaranya.

15. Lomba Tangkap Bebek atau Itik

Perlombaan ini umumnya diutamakan untuk beberapa lelaki.

Tidak gampang memang untuk menangkap bebek di air, selain bebek dapat bergerak bisa semakin cepat dan gesit, beberapa peserta akan kesusahan untuk bergerak karena ada di dalam air yang berlumpur.

Lomba ini umumnya diadakan di Bali dan kota-kota di Jawa Timur seperti Sampang, Ngawi dan Surabaya.

16. Lomba Tarik Tambang Anak

Sama seperti dengan lomba panjat pisang, lomba tarik tambang sebagai salah satu lomba yang perlu ada pada setiap perayaan hari kemerdekaan.

Lomba ini jelas benar-benar sengit karena akan memperlihatkan kemampuan, kekompakkan dan semangat berusaha dari beberapa team yang berlomba.

Tiap tim umumnya diisi 5-7 orang bergantung ketentuan dari pihak panitia lomba

Nach untuk dapat memenangi lomba ini jelas memerlukan perjuangan yang besar, terutama bila tim yang dihadapi orangnya besar dan kuat-kuat.

Salah satunya trick-nya ialah taruh anggota team kamu yang terbesar (umumnya yang paling gemuk hehe) pada bagian depan, karena dia kunci yang hendak meredam dan manarik team musuh hingga tim kamu dapat memenangi lomba klasik ini.

17. Lomba Sepak Bola Anak

Tiap perlombaan sepak bola pasti mengundang daya magnet dari beberapa pemirsa untuk menyaksikannya, bahkan juga diajang peringatan hari kemerdekaan.

Dalam perlombaan ini adasejumlah klub yang berisi 11-15 bila memakai sistem 11 pemain, tetapi kadang ketentuan disamakan dengan persetujuan dari panitia, ingin memakai mekanisme 11 pemain atau mekanisme 5 pemain (futsal).

Tiap klub akan berlaga semaksimal mungkin supaya bisa memenangi tiap laga yang dijalani supaya bisa jadi juara.

18. Lomba Cerdas Cermat

Lomba beradu wacana atau umum disebutkan dengan cerdas cermat biasa diselenggarakan di beberapa sekolah saat lomba 17 Agustus.

Setiap perwakilan kelas minimal harus mengirimi 2 -3 pelajar sebagai delegasi dalam lomba itu. Yang diputuskan juga tidak asal-asalan, harus anak pandai!

19. Lomba Joget Balon

Kamu suka dangdut? Apa suka joget? Hmm, kelihatannya lomba ini untuk kamu sekali dech.

Uniknya, joget khusus lomba 17 Agustus-an ini harus mengapit sebuah balon yang ditempatkan antara muka dua peserta anak-anak.

Nanti balon itu harus kamu pindah dari tempat start ke finis, tentu saja dengan bergoyang sekalian jalan hadap-hadapan (cie so sweet).

Dibutuhkan sebuah koordinasi kesolidan supaya balon yang berada di antara dua muka penjoget itu tidak meleset dan terlepas.

Cukup jepit balon dengan penekanan seperlunya. Khawatir jika terlalu berlebih bukan justru hadiah yang dapat, tetapi bencana berbentuk diskualifikasi.

20. Lomba Makan Banyak

Lagi tidak punyai uang tetapi perut keroncongan. Mending ikut lomba makan banyak saja pas moment 17 Agustus. Tidak hanya gratis, anak-anak juga dapat makan puas sekenyang-kenyangnya.

Makan banyak tidak berarti makan cepat ya gaes! Dalam lomba ini peserta harus atur irama pencernaan supaya makanan masih tetap bisa diserap secara baik oleh badan.

Jika sudah merasa tidak kuat lagi, lebih bagus stop sejenak setelah itu lanjut. Tetapi, jika perut memang benar-benar merasa tidak muat. Mending langsung setop saja!

Mengapa? Karena hal tersebut sangat beresiko untuk kondisi usus dan lambung yang bisa jadi mengakibatkan penyakit atau sakit di perut

21. Lomba Makan Krupuk

Cepat-cepetan makan krupuk sepertinya sudah mainstream lah yaa cocok lomba 17 Agustus.

Pokoknya sich kita hanya diminta makan krupuk yang sudah digantung tanpa memakai bantuan tangan.

Saran supaya makin menarik, kamu dapat menambahkan sauce sambal extra pedas di setiap segi krupuk.

Jadi ya tidak hanya lomba cepat-cepetan makan, tetapi juga lomba tahan pedas hehehe

22. Lomba Masukkan Belut ke dalam Botol

Siapa kira nangkap belut itu mudah? Kenyataannya memang susah broh! Asal kalian tahu ya, belut ialah hewan yang mempunyai permukaan kulit licin di semua sisinya.

Walau mereka bukan hewan menggigit namun tetap saja ada yang tidak berani menggenggamnya.

21. Lomba Memasukkan Bendera Di dalam Botol

Nach, jika kamu jijik megang belut seperti lomba 17 Agustus di atas.

Memasukkan bendera ke botol bisa saja opsi alternatifmu.

Pokoknya sich hanya lomba cepetan-cepetan saja ngumpulin bendera dari 1 tempat ke lain tempat.

22. Lomba Memasukkan Paku ke Botol

Salah satunya lomba paling klasik di dalam 17 Agustusan yakni lomba masukkan paku ke dalam botol.

Dari jaman reformasi sampai saat ini, perlombaan ini masih exist diselenggarakan di sejumlah tempat.

Dimulai dari sekolah, daerah bahkan juga bisa jadi di tempat perkantoran.

Diperlukan keseimbangan dan ketenangan yang lebih supaya paku dapat secara mudah masuk ke dalam botol.

Upayakan untuk bergerak tidak begitu cepat, karena pada intinya perlombaan ini melatih fokus dan sabar.

23. Lomba tiup balon

24. Masukkan benang ke lobang jarum

25. Pukul kendi

26. Lomba menerbangkan pesawat kertas

27. Lomba mencocokkan sandal

28. Lomba ambil koin dalam baskom

29. Lomba wudhlu, adzan dan iqamat

49. Lomba memindahkan air memakai spon

50. Lomba mencentelkan topi

Itulah beberapa info lomba 17an khusus anak-anak yang bisa kalian praktekan dilingkungan sekitar kalian, apabila ada info lain berkaitan dengan lomba khusus anak-anak, silahkan infokan di kolom komentar ya gaesss….agar yang lainpun dapat mendapatkan informasinya yang bermanfaat, terimakasih¬†¬†!!!!

salam hangat kami situs.web.id

Leave a comment