TIPS AKTA JUAL BELI RUMAH KPR TERBARU

Posted on
5/5 - (2 votes)

situs.web.id – Berikut ini manfaat Akta Jual Beli (AJB) rumah KPR baik dibeli secara kontan atau dengan pola Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Pada intinya, setiap membeli rumah memang seharusnya lewat tahapan proses AJB. Karena AJB sebagai akta yang dibentuk Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) atau Notaris inilah yang nanti akan dipakai untuk pengurusan perubahan sertifikat dari pemilik lama ke pemilik baru.

AJB sebagai bukti syah secara hukum sebagai pembelian tanah atau bangunan dari pihak penjual kepada pihak pebeli pada jenis property tersebut. Selanjutnya, peranan AJB juga penting saat memproses surat perubahan dari pemilik lama property tersebut atau untuk balik nama . Maka Kantor Pertanahan sebagai pihak yang mengeluarkan sertifikat akan meminta Akta Jual Beli rumah (AJB) sebagai persyaratan saat registrasi baik secara KPR maupun cash.

Akta Jual Beli Rumah KPR

Disamping itu, AJB menjadi dasar untuk beberapa pihak untuk penuhi kewajiban mereka masing-masing. Ini penting untuk diperhatikan sebagai antisipasi berlangsungnya perselisihan di masa yang akan datang . Maka, bila salah satunya pihak menyalahi kewajibannya, AJB itu dapat menjadi dasar tuntutan.

Sesudah itu, dasar hukum pembuatan AJB sudah ditata dalam Ketentuan Pemerintahan (PP) Nomor 24 Tahun 1997 mengenai Registrasi Tanah. Disebut di pasal 37 jika Akta Jual Beli sebagai bukti syah (disamping risalah lelang, bila perubahan hak terjadi melalui lelang) jika hak atas tanah dan bangunan telah berpindah ke pihak lainnya.

Tidak itu saja, penerapan penandatanganan AJB diatur lewat Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 09/KPTS/M/1995 mengenai Dasar Pengikatan Jual Beli Rumah, yang mengatakan jika Akta Jual Beli rumah harus diberi tanda tangan oleh penjual dan konsumen di depan Petinggi Pembikin Akta Tanah (PPAT).

pertanyaan yang sering diajukan :

APA ITU AJB KPR ?

Akta Jual Beli rumah atau yang biasa disingkat AJB ini merupakan bukti sah secara hukum bahwa Anda sudah membeli tanah atau bangunan dari pihak penjual secara lunas. Fungsi Akta Jual Beli rumah juga penting bagi Anda saat memproses surat peralihan dari pemilik lama properti tersebut atau untuk balik nama.

AKTA JUAL BELI DITANGGUNG SIAPA ?

Pembayarannya pun ditanggung oleh pembeli atau sesuai dengan kesepakatan. Bisa juga biaya ini ditanggung oleh kedua belah pihak. Sebelum mengurus AJB, kamu harus melakukan pemeriksaan sertifikat, pembayaran PBB, melunasi PPh, BPHTB terlebih dahulu

KAPAN AKTA JUAL BELI DIBUAT ?

AJB dibuat pada saat penjual dan pembeli mendaftarkan peralihan hak atas properti ke kantor pertanahan. Proses peralihan inilah yang biasa dikenal sebagai balik nama. Setelah memenuhi sejumlah syarat di atas, adapun tahapan mengurus AJB yang dapat menjadi informasi untuk Anda.

APA BEDANYA AKTA JUAL BELI DAN SERTIFIKAT ?

Berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan bahwa antara AJB dengan sertifikat dibuat oleh pihak yang berbeda. AJB dibuat dan ditandangani oleh PPAT, sementara sertifikat tanah diterbitkan oleh kantor BPN atau kantor pertanahan

Baca Juga : Syarat Pengajuan KPR BTN terbaru

APAKAH SURAT AKTA JUAL BELI BISA DI KPR KAN ?

AJB juga bisa dibuat sebagai jaminan bank asal memungkinkan untuk digadaikan di bank dengan jumlah pinjaman dan tenor tertentu. Pada umumnya, ada beberapa Bank Pemerintah yang tidak menyediakan layanan kredit dengan AJB.

BERAPA BIAYA AJB KE SHM ?

Sementara biaya pembuatan sertifikat rumah dari AJB ke SHM sekitar Rp780.000,00. Dengan rincian biaya pengukuran Rp340.000,00, biaya panitia Rp390.000,00, dan biaya pendaftaran Rp50.000,00. Melihat dari prosesnya, memang mengurus sertifikat tanah membutuhkan waktu yang lama.

BERAPA BIAYA AJB dI NOTARIS ?

Biaya AJB: Rp2,4 juta. Biaya BBN: Rp750 ribu. Biaya Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan: Rp250 ribu. Biaya Akta Pemberian Hak Tanggungan: Rp1,2 juta, namun tergantung kepada pihak notaris itu sendiri.

APAKAH AJB KUAT SECARA HUKUM ?

Akta yang biasa disingkat AJB ini merupakan bukti sah secara hukum bahwa Anda sudah membeli tanah atau bangunan dari pihak penjual secara lunas. Fungsi AJB juga penting bagi Anda saat memproses surat peralihan dari pemilik lama properti tersebut.

BERAPA LAMA AKTA JUAL BELI BERLAKU ?

Akta jual beli tanah (AJB) hanya berlaku 5 tahun sejak 2021, jika tidak tanah tersebut akan menjadi milik negara adalah tidak benar.

MENGURUS AKTA JUAL BELI RUMAH KEMANA ?

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat AJB adalah datang ke kantor PPAT di wilayah dimana lokasi properti Anda dibeli. Setelah datang Anda diwajibkan untuk menyerahakan berbagai dokumen yang telah dipersiapkan.

APAKAH AKTA JUAL BELI RUMAH KPR BISA DI CEK DI BPN ?

Akta Jual Beli Rumah KPR merupakan akta atau dokumen berupa bukti telah terjadinya transaksi jual beli yang mengakibatkan adanya pengalihan hak atas tanah dan bangunan. Namun, AJB bukanlah bukti sah kepemilikan tanah atau properti, karena AJB diterbitkan oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah), bukan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

KPR RUMAH SERTIFIKAT ATAS NAMA SIAPA ?

Biasanya pada tahap awal pengajuan KPR, sertifikat masih atas nama pihak Developer.

SETELAH LUNAS KPR APA YANG HARUS DILAKUKAN ?

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Proses KPR Lunas

  • Mengecek Kelengkapan Dokumen Jaminan di Bank.
  • Setelah proses KPR lunas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendatangi kantor cabang bank yang mengeluarkan KPR kamu.
  • Meminta Surat Tanda KPR Lunas dari Bank.
  • Mengurus Roya.
  • Simpan Semua Dokumen Rumah secara Aman.

Itulah penjelasan singkat dari kami, semoga artikel mengenai akta jual beli rumah KPR ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.